A.
Latar Belakang Masalah
Matematika adalah salah satu
mata pelajaran yang sangat penting. Banyak kegiatan sehari-hari tanpa kita
sadari menggunakan prinsip (cara) matematika. Matematika seringkali juga
berfungsi sebagai pemecahan masalah-masalah ilmu lain, misalnya dengan sains. Terdapat
hubungan yang sangat erat antara matematika dan sains. Sains menyediakan
masalah-masalah yang perlu diselidiki dan dianalisis dengan matematika,
sementara itu matematika menyediakan alat yang berguna dalam menganalisis
data.
Selama ini matematika yang diajarkan
di sekolah dasar secara berdiri sendiri (terpisah dari mata pelajaran lainnya)
dan diajarkan dengan jumlah jam yang relatif banyak bila dibandingkan dengan
mata pelajaran lainnya, hal ini dikarenakan matematika bersifat abstrak dan mempunyai
karakteristik berpikir logis. Oleh karena itu, memerlukan waktu yang sangat
panjang untuk dipelajari.
Meskipun matematika
mempunyai peranan yang sangat penting dan diajarkan dengan waktu yang relatif
banyak,kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa matematika dianggap pelajaran
yang sulit dan kurang disukai.
Menurut M. Sobry Sutikno
(2013) ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses belajar, baik faktor yang
datang dari dalam diri individu (internal),maupun faktor yang berasal
dari luar (eksternal). Faktor internal meliputi faktor jasmaniah
(kesehatan dan cacat tubuh),psikologis (intelegensi,minat dan emosi) dan
kelelahan (jasmani dan rohani). Faktor eksternal yang berasal dari
luar diri siswa berupa faktor keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Seperti
yang disebutkan di atas salah satu yang mempengaruhi proses belajar yang paling
utama adalah faktor sekolah. Dimana sekolah terdapat salah satu personal yang
sangat penting dalam pembelajaran matematika,yaitu guru. Guru harus mampu melakukan proses
pembelajaran dengan baik.
Dalam proses pembelajaran,
guru tidak hanya berperan sebagai model atau atau teladan bagi siswa yang
diajarnya, tetapi juga sebagai pengelola pembelajaran (manager of learning).
Dengan demikian, efektivitas proses pembelajaran terletak di pundak guru. Oleh
karenanya, keberhasilan proses pembelajaran oleh kualitas atau kemampuan guru
(Sanjaya, 2006 : 52)
Proses pembelajaran bagaikan
sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang satu sama lain saling
berinteraksi dan berinterelasi. Beberapa komponen pelajaran adalah tujuan
pembelajaran, materi pembelajaran, metode atau strategi pembelajaran, media, dan
evaluasi.
Komponen-komponen tersebut
mempunyai tugas masing-masing dan saling berkaitan untuk tercapainya keberhasilan
dalam proses pembelajaran. Berikut adalah bagan komponen proses pembelajaran :
MI Ma’arif NU 1 Pageraji
adalah lembaga pendidikan setingkat sekolah dasar yang terletak di desa
Pageraji Kecamatan Cilongok.. Pembelajaran matematika selama ini menggunakan
metode dan media yang bervariasi. Pembelajarn bisa dikatakan baik jika melihat
hasil nilai rata-rata ulangan kelas V B semester I. Dari jumlah 27 siswa, 20
siswa (75%) mencapai KKM mata pelajaran Matematika(65), sedangkan 7 siswa (25%)
belum mencapai KKM.
DAFTAR NILAI MTK KELAS
V B SEMESTER I
|
|
TAHUN PELAJARAN
2013-2014
|
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Ulangan Harian
|
JML
|
Rata-rata
|
||||
1
|
Rizal Akhsanul F
|
60
|
|
80
|
80
|
60
|
280
|
70
|
2
|
Akbar Wahyu J
|
80
|
|
20
|
80
|
100
|
280
|
70
|
3
|
Torikin
|
100
|
|
100
|
100
|
100
|
400
|
100
|
4
|
Umi Sakinah
|
100
|
|
60
|
100
|
100
|
360
|
90
|
5
|
Wildan Syahrul. M
|
100
|
|
20
|
80
|
0
|
200
|
50
|
6
|
Ade Eriska
|
90
|
|
40
|
100
|
40
|
270
|
67,5
|
7
|
Aida Frisqiana
|
95
|
|
100
|
100
|
80
|
375
|
93,75
|
8
|
Akhmad Sya'bani
|
100
|
|
40
|
80
|
100
|
320
|
80
|
9
|
Alimatu Iyyasya
|
100
|
|
100
|
80
|
100
|
380
|
95
|
10
|
Anis Zulfa Bilkhus
|
90
|
|
0
|
100
|
40
|
230
|
57,5
|
11
|
Dini Amninatul U
|
95
|
|
100
|
100
|
100
|
395
|
98,75
|
12
|
Firyal Dhyaa Qurotu Aini
|
100
|
|
100
|
80
|
80
|
360
|
90
|
13
|
Ilham Nurul F
|
95
|
|
0
|
80
|
60
|
235
|
58,75
|
14
|
Indra Sudrajat
|
100
|
|
100
|
100
|
100
|
400
|
100
|
15
|
Lukmanul Hakim
|
90
|
|
100
|
100
|
60
|
350
|
87,5
|
16
|
Moh. Ikhsan
|
85
|
|
60
|
100
|
80
|
325
|
81,25
|
17
|
Mo. Nizar A
|
90
|
|
80
|
80
|
100
|
350
|
87,5
|
18
|
Muwahidatul Lutfiyyah
|
100
|
|
20
|
60
|
60
|
240
|
60
|
19
|
Nur Fattah Khilmi
|
100
|
|
80
|
100
|
80
|
360
|
90
|
20
|
Nur Kholis
|
100
|
|
100
|
100
|
60
|
360
|
90
|
21
|
Astuti Norma Y
|
100
|
|
40
|
80
|
60
|
280
|
70
|
22
|
Rizki Algea Fasya
|
100
|
|
|
|
|
100
|
100
|
23
|
Rizkqi Ainayah
|
70
|
|
0
|
60
|
40
|
170
|
42,5
|
24
|
Siti Markhamah
|
95
|
|
100
|
100
|
80
|
375
|
93,75
|
25
|
Waryanti
|
95
|
|
20
|
80
|
100
|
295
|
73,75
|
26
|
Yusril Nur Rohmat
|
95
|
|
0
|
80
|
80
|
255
|
63,75
|
27
|
Muzirul Haque
|
100
|
|
80
|
100
|
80
|
360
|
90
|
Jumlah
|
2525
|
0
|
1540
|
2300
|
1940
|
8305
|
2151,25
|
|
Nitai Rata-rata
|
93,51852
|
|
59,23077
|
88,46154
|
74,61538
|
307,5926
|
79,67593
|
|
Pokok Bahasan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
Pokok bahasan :
1.
Pembulatan satuan, puluhan, ratusan dan ribuan
2.
Luas Trapesium
3.
Luas Layang-Layang
4.
Volume Kubus
5.
Volume Balok
Sumber :Dokumentasi MI
Ma’arif NU 1 Pageraji
Selain itu, MI Ma’arif pageraji juga sering memenangkan lomba mata
pelajaran Matematika.Beberapa prestasi lomba Diantaranya :
No
|
Nama Siswa
|
Nama Kejuaraan
|
peringkat
|
Tingkat
|
Tahun
|
1.
|
Dakhirin
|
Lomba mapel Matematika SD/MI
|
I (satu)
|
Kecamatan
|
2001
|
2.
|
Dakhirin
|
Lomba mapel Matematika SD/MI
|
II (dua)
|
Kabupaten
|
2001
|
3.
|
Latif Mujtahid
|
Lomba mapel Matematika SD/MI
|
III (tiga)
|
Kecamatan
|
2003
|
4.
|
Ari Sa’bani
|
Lomba mapel Matematika SD/MI
|
II (dua)
|
Kecamatan
|
2003
|
5.
|
Nadhila Idzni
|
Olimpiade MIPA
|
I (satu)
|
Kecamatan
|
2008
|
6.
|
Nadhila Idzni
|
Olimpiade MIPA
|
I (satu)
|
Kecamatan
|
2008
|
7.
|
Sifaurrohmah
|
Olimpiade MIPA Mapel Matematika
PORSEMA
|
I (satu)
|
Kecamatan
|
2012
|
8.
|
Sifaurrohmah
|
Olimpiade MIPA Mapel Matematika
PORSEMA
|
I (satu)
|
Kabupaten
|
2012
|
9.
|
Lathifatun Noroniyyah
|
Olimpiade MIPA Mapel Matematika
|
I (satu)
|
Kecamatan
|
2013
|
10.
|
Lathifatun Noroniyyah
|
Olimpiade MIPA Mapel Matematika Kab.
Banyumas
|
I (satu)
|
Kabupaten
|
2013
|
11.
|
Zahroh Fathiyatul Mufarikhah
|
Mapel Matematika Aksioma MI
|
I (satu)
|
Kecamatan
|
2013
|
Sumber :Dokumentasi MI Ma’arif NU 1 Pageraji
Berkaitan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian
tentang bagaimana pembelajaran MI Ma’arif NU 1 Pageraji yang kemudian
penulis beri judul “Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di MI Ma’arif NU 1
Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten
Banyumas tahun pelajaran 2014/2015”.
B.
Definisi Operasional
Untuk memperoleh gambaran
yang jelas dalam memahami persoalan yang akan dibahas, dan untuk menghindari
kesalahpahaman terhadap isi penelitian ini, penulis akan menguraikan beberapa
istilah yang penting. Istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut:
1.
Pelaksanaan
Dalam
Kamur besar Bahasa Indonesia Pelaksanaan adalah adalah proses, cara,
perbuatan melaksanakan hasil rancangan atau keputusan.
2.
Pembelajaran
pembelajaran adalah proses
interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar (Sisdiknas, 2008: 5). Belajar adalah suatu proses perubahan
tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman dan latihan. Proses pembelajaran
itu terdiri dari beberapa komponen yang satu sama lain saling berinteraksi dan
berinterelasi. Komponen-komponen tersebut adalah tujuan, materi pelajaran,
metode pembelajaran, media dan evaluasi (Sanjaya, 2006:58).
Jadi yang dimaksud
pembelajaran dalam skripsi ini adalah suatu proses interaksi dan interelasi
pendidik dan peserta didik yang diorganisasikan berdasarkan tujuan, materi,
metode, media, dan evaluasi pembelajaran
sehingga terjadi perubahan tingkah laku.
3.
Matematika
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Mata Pelajaran Matematika adalah suatu mata
pelajaran yang berisi tentang ilmu bilangan, hubungan antar bilangan dan
prosedur operasional yang digunakan dalam menyelesaikan masalah mengenai
bilangan. (Pusat Bahasa, 2008:888)
Hakikat matematika yaitu
memiliki objek tujuan abstrak, bertumpu pada kesepakatan, dan pola pikir yang
deduktif. (Soedjadi, dalam Heruman 200 :1)
Dalam penelitian ini, yang
dimaksud Matematika oleh penulis adalah suatu mata pelajaran yang diajarkan di MI Ma’arif NU 1 Pageraji
kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas
4.
MI Ma’arif NU 1 Pageraji
MI
Ma’arif NU 1 Pageraji merupakan satuan pendidikan dasar yang menyelenggarakan
program 6 tahun dan merupakan Lembaga Pendidikan yang bernaung di bawah
Kementrian Agama. Lembaga Pendidikan ini berlokasi di Desa Pageraji Kecamatan
Cilongok Kabupaten Banyumas.
Penulis
melakukan penelitan pada kelas V, karena kelas tersebut merupakan kelas yang pembelajaran matematikanya bisa dikatakan
baik dan menggunakan berbagai metode dan
media di dalamnya.
Berdasarkan
penegasan istilah di atas maka dapat diambil kesimpulan dari maksud judul “
Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di MI Ma’arif Pageraji Kecamatan Cilongok
Kabupaten Banyumas “ adalah suatu penelitian mengenai proses atau cara
interaksi dan interelasi pendidik dan peserta didik yang diorganisasikan berdasarkan
tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran mata pelajaran
Matematika di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.
C.
Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah
tersebut di atas, maka penulis dapat merumuskan permasalahannya yaitu bagaimana
proses pembelajaran Matematika di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas tahun
pelajaran 2014/2015 yaitu yang berkaitan dengan:
1. Bagaimana
Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas tahun
pelajaran 2014/2015 ?
2. Faktor-faktor
apa sajakah yang mendukung dan menghambat Pelaksaaan Pembelajaran Matematika di
MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan
Cilongok Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2014/2015 ?
D.
Tujuan dan Manfaat
Penelitian
1.
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui proses pembelajaran Matematika di MI Ma’arif NU 1 Pageraji yaitu untuk mengetahui:
a. Pelaksanaan
pembelajaran Matematika di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas tahun
pelajaran 2014/2015.
b. Faktor-faktor
yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran matematika di MI Ma’arif
NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2014/2015.
2.
Kegunaan Penelitian
a.
Memberikan
informasi ilmiah tentang proses pembelajaran
Matematika di MI Ma’arif NU 1 Pageraji
Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas meliputi, tujuan, materi, metode, media dan
evaluasi pembelajaran yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai bahan masukan
dan pertimbangan bagi pengelola pendidikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran di MI Ma’arif NU 1 Pageraji khususnya.
b.
Menambah wawasan pengetahuan yang berharga bagi
penulis khusunya dan pembaca umumnya.
c.
Sebagai sumbangsih keilmuan di STAIN Purwokerto dalam
bidang keilmuan Pendidikan Agama Islam.
E.
Telaah Pustaka
Pustaka ini dimaksudkan untuk mengemukakan
teori-teori yang relevan dengan masalah yang diteliti. dari segi ini, maka
tinjauan pustaka yang akan menjadi dasar pemikiran dalam penyusunan penelitian
ini.
Penulis melakukan tinjauan pustaka terhadap
sumber-sumber maupun informasi-informasi yang terkait dengan permasalahan ini.
Adapun tinjauan pustaka ini diantaranya adalah Buku karya Wina Sanjaya yang
berjudul Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Di dalamnya menjelaskan
tentang pengertian pembelajaran dan komponen-komponennya. Dalam buku
tersebut dijelaskan bahwa proses pembelajaran terdiri dari komponen-komponen
yang saling berkaitan. Komponen tersebut yaitu tujuan, materi, media, metode,
dan evaluasi (Sanjaya, 2006: 58).
Dalam
kesempatan ini, penulis melakukan penelaahan terhadap referensi-referensi yang
ada. Penulis menemukan penelitian yang sudah ada yang mempunyai kemiripan judul
yang penulis angkat.
Penelitian
saudari Sulistiyaningsih (2010) yang berjudul “Pembelajaran Fiqih di Madrasah Salafi Al Falah Penjalin, Desa
Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2009/2010”.
Dalam penelitian tersebut saudari Sulistiyaningsih membahas tentang proses
pembelajaran Fiqih dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajarannya.
Penelitian yang dilakukan saudari Sulistiyaningsih, memiliki persamaan dengan
penelitian yang dilakukan penulis yaitu sama-sama meneliti proses pembelajaran ,
akan tetapi memiliki perbedaan yaitu pada lokasi dan kajiannya, saudari
Sulistiyaningsih lokasi penelitian di Madrasah Salafi Al Falah Penjalin, Desa
Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, sedangkan penulis di MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Saudari Sulistiyaningsih mengkaji tentang
proses pembelajaran dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi, sedangkan penulis
mengkaji tentang proses keseluruhan yang digunakan dalam pembelajaran.
Penelitian
Saudara Heru Purwanto (2010) yang berjudul “Pelaksanaan Pembelajaran IPA di
MI Ma’arif NU Lemberang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran
2010/2011”. Dalam penelitian tersebut saudara Heru Purwanto membahas
pelaksanaan pelaksaan pembelajaran IPA di MI Ma’arif NU 1 Lemberang dengan
segala perangkat pembelajarannya. Penelitian ini memiliki persamaan dengan
penelitian yang dilakukan penulis,yaitu sama-sama meneliti proses
pembelajaran,hanya saja memiliki perbedaan mata pelajaran yang dikaji dan
lokasi penelitian.
F.
Metode Penelitian
1. Jenis Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field
Research) yang bersifat Deskriptif
Kualitatif, yaitu suatu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpukan
informasi mengenai status suatu gejala
yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian
dilakukan (Suharsimi Arikunto, 2005: 234).
Dalam hal ini penulis berupaya menggambarkan tentang pembelajaran
Matematika di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.
2.
Lokasi Penelitian
Dalam
penelitian ini, penulis mengambil lokasi di MI Ma’arif NU 1 Pageraji . Penulis
tertarik memilih lokasi ini dengan alasan Objek dan Subjek Penelitian
a.
Objek Penelitian
Objek penelitian dalam skripsi ini adalah proses pembelajaran Matematika yaitu
segala aktivitas dalam pembelajaran meliputi komponen-komponen pembelajaran
yaitu: tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran.
b.
Subjek
Penelitian
1)
Penentuan subjek
Dalam penentuan subjek,
peneliti menggunakan Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel
sumber data/subjek penelitian dengan pertimbangan tertentu (Sugiyono, 2010:
300). Subjek penelitian tersebut misalnya adalah orang yang paling mengerti
mengenai apa yang diharapkan penulis. Penulis baru menentukan subjek penelitian
setelah penulis memasuki lapangan dan selama penelitian (emergent sampling
design) (Hartono, 2011: 100). Selanjutnya penulis menetapkan subjek
penelitian lainnya yang dipertimbangkan akan memberikan data yang lebih lengkap
berdasarkan pada data atau informasi yang diperoleh dari subjek penelitian
pertama.
Dalam penelitian ini yang
menjadi informan kunci adalah kepala sekolah MI Ma’arif NU 1 Pageraji ( Akhmad
Thontowi, S.Pd.I ) yang nanti akan menentukan siapa saja yang akan menjadi
subjek utama dalam penelitian ini dan subjek-subjek yang mendukung penelitian.
Berdasarkan pada informasi pertama ini dipilih subjek penelitian berikutnya
adalah guru kelas 5 A ibu Uniq Masnunah dan Guru kelas 5B dan 5C yaitu Andy Wibowo, A.Ma.
2)
Batasan Subjek
Berdasarkan penentuan subjek
di atas kemudian menentukan batasan dari masing-masing subjek penelitian.
a)
Kepala MI Ma’arif NU 1 Pageraji sebagai informan kunci
yang memberikan arahan atau menunjukan subjek utama dalam penelitian ini.
b)
Guru kelas guru
kelas 5 A ibu Uniq Masnunah , Guru kelas 5B, 5C yaitu Andy Wibowo, A.Ma. dan siswa kelas V adalah
subjek utama dalam penelitian ini karena merekalah sebenarnya yang
merencanakan, melaksanakan dan mengalami proses pembelajaran.
3.
Pengumpulan Data
Metode yang digunakan untuk
memperoleh data-data yang berkaitan dengan penelitian ini adalah:
1)
Observasi
Metode observasi adalah
kegiatan pemusatan perhatian terhadap seluruh objek dengan menggunakan seluruh
alat indera (Arikunto, dalam Tanzeh, 2009: 58). Metode ini dilakukan untuk
memperoleh data tentang letak geografis, kegiatan yang dilakukan oleh siswa dan
guru khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran matematika di MI Ma’arif NU 1
Pageraji.
2)
Interview
Interview merupakan
pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide melalui tanya jawab,
sehingga dapat dikonstruksikan makna dalam suatu data tertentu (Saebani, 2008:
190). Wawancara dapat dilakukan secara terstruktur maupun tidak terstruktur,
dan dapat dilakukan melalui tatap muka (face to face) maupun menggunakan
telepon (Sugiyono, 2009: 194).
Metode interview ini
dilakukan kepada pihak-pihak yang dapat diperoleh data yang dapat dipertanggungjawabkan
kebenarannya seperti kepala sekolah MI Ma’arif NU 1 Pageraji, Akhmad Thontowi,
S.Pd.I, Guru kelas guru kelas 5 A ibu
Uniq Masnunah, Guru kelas 5B, 5C
yaitu Andy Wibowo, A.Ma. dan siswa kelas
V sebagai informan untuk memperoleh data yang penulis butuhkan yaitu tentang
pembelajaran Fiqih pada kelas inklusi di SD Islam Terpadu Annida Sokaraja.
Adapun wawancara yang penulis lakukan bersifat terstruktur dan tidak
terstruktur.
3)
Dokumentasi
Yaitu cara mengumpulkan data
dengan melihat atau mencatat suatu laporan yang sudah tersedia. Metode ini dilakukan
dengan melihat dokumen-dokumen resmi seperti monografi, catatan-catatan serta
buku-buku peraturan yang ada. Dokumentasi sebagai metode pengumpulan data
adalah setiap pernyataan tertulis yang disusun oleh seseorang atau lembaga
untuk keperluan pengujian suatu
peristiwa atau menyajikan akunting (Tanzeh, 2009: 58).
Metode ini penulis gunakan
untuk memperoleh data tentang keadaan MI Ma’arif Pageraji seperti sejarah
singkat, visi, misi, data guru, data siswa yang ada dengan melihat dokumentasi
yang ada di sekolah.
4.
Analisis Data
Analisis
Data adalah rangkaian kegiatan penelaahan, pengelompokan, sistematisasi,
penafsiran, dan verifikasi data agar sebuah fenomena memiliki nilai sosial,
akademis, dan ilmiah (Tanzeh, 2009: 69).
Menurut
Sugiyono, Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum
memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Namun
dalam penelitian kualitatif analisis data lebih difokuskan selama proses di
lapangan bersamaan dengan pengumpulan data.
Analisis
data selama di lapangan model Miles dan Huberman meliputi:
a. Data
Reduction
(Reduksi Data)
Reduksi Data berarti
merangkum memilih hal-hal yang pokok,
memfokuskan pada hal-hal yang penting. Dicari tema dan polanya dan membuang
yang tidak perlu. Dengan demikian data yang telah direduksi akan memberikan
gambaran yang lebih jelas dan mempermudah peneliti untuk melakukan pengumpulan
data selanjutnya, dan mencarinya bila diperlukan.
b. Data
Display
(Penyajian Data)
DataDisplay merupakan
langkah lanjutan setelah penulis melakukan reduksi data. Dalam penelitian kualitatif, penyajian data
bisa dilakukan dalam bentuk uraian singkat, bagan hubungan antar kategori,
flowchart, dan sejenisnya. Dengan mendisplay data maka akan memudahkan
untuk memahami apa yang terjadi, merencanakan kerja selanjutnya berdasarkan apa
yang telah dipahami tersebut.
c. Conclusion
Drawing / Verification
Kesimpulan awal yang
dikemukakan masih bersifat sementara, dan akan berubah bila tidak ditemukan
bukti-bukti yang kuat yang mendukung tahap pengumpulan data berikutnya, tetapi
apabila kesimpulan awal didukung oleh bukti-bukti yang valid dan konsisten saat
peneliti kembali kelapangan mengumpulkan data, maka kesimpulan yang dikemukakan
merupakan kesimpulan yang kredibel (Sugiyono, 2009: 345).
G.
Sistematika Penulisan
Untuk memberikan gambaran yang menyeluruh terhadap skripsi
ini, maka perlu dijelaskan bahwa skripsi ini terdiri dari tiga bagian yaitu:
Pada bagian awal
skripsi ini berisi judul, halaman pernyataan keaslian, halaman nota pembimbing,
halaman pengesahan, halaman motto, halaman persembahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar lampiran dan abstrak.
Bagian kedua memuat pokok-pokok permasalahan yang termuat
dalam Bab I sampai bab V. Bab I berisi
pendahuluan, terdiri atas: latar belakang masalah, penegasan istilah, rumusan
masalah, tujuan dan manfaat penelitian, telaah pustaka, metode penelitian, dan
sistematika penulisan.
Bab II berisi tentang
teori yang berkaiatan dengan pembelajaran matematika yang membahas
masalah-masalah antara lain: pengertian pembelajaran, ciri-ciri pembelajaran,
faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran, komponen pembelajaran pengertian Matematika,
tujuan pembelajaran Matematika, materi Matematika, metode Matematika, media
Matematika dan Evaluasi matematika.
Bab III membahas tentang gambaran umum MI Ma’arif NU 1
Pageraji meliputi: sejarah berdiri, letak geografis, visi dan misi, keadaan
guru siswa dan karyawan, sarana dan prasarana, dan gambaran umum pembelajaran matematika
di MI Ma’arif NU 1 Pageraji.
Bab IV penyajian data dan analisis data meliputi: penyajian
data dan analisis data.
Bab V Penutup, dalam bab ini akan disajikan kesimpulan
saran-saran yang merupakan rangkaian dari keseluruhan hasil penelitian secara
singkat.
Bagian ketiga skripsi ini merupakan bagian akhir, yang
didalamnya akan disertakan pula daftar pustaka, daftar riwayat hidup dan
lampiran yang mendukung.
H.
Kerangka Skripsi
HALAMAN
SAMPUL
HALAMAN
PERNYATAAN KEASLIAN
HALAMAN
NOTA DINAS PEMBIMBING
HALAMAN
PENGESAHAN
HALAMAN
MOTTO
HALAMAN
PERSEMBAHAN
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
DAFTAR
TABEL
DAFTAR
LAMPIRAN
ABSTRAK
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
B.
Penegasan Istilah
C.
Rumusan Masalah
D.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
E.
Tinjauan Pustaka
F.
Metode Penelitian
G.
Sistematika Penulisan
BAB
II PEMBELAJARAN MATEMATIKA
A.
Pembelajaran
1.
Pengertian Pembelajaran
2.
Ciri-ciri Pembelajaran
3.
Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Pembelajaran
4.
Komponen Pembelajaran
B.
Matematika
1.
Pengertian Matematika
2.
Tujuan matematika
3.
Materi Matematika
4.
Metode Matematika
5.
Media Matematika
6.
Evaluasi Matematika
BAB
III GAMBARAN UMUM MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS
A.
Sejarah Berdiri
B.
Letak Geografis
C.
Visi dan Misi
D.
Keadaan Guru Siswa dan Karyawan
E.
Sarana dan Prasarana
F.
Gambaran umum Pembelajaran Matematika di
MI Ma’arif NU 1 Pageraji
BAB
IV PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA
A.
Penyajian Data
B.
Analisis Data
BAB
V PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran
C.
Kata Penutup
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
|
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi.
2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan
Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Saebani, Beni Akhmad.
2008. Metodologi
Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Sanjaya, Wina 2011. Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2009. Metode
Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D),
Bandung: Alfabeta.
Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar
Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Teras.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.
2008. Bandung : Citra Umbara.
Sutikno, Sobry. 2013.
Belajar dan Pempelajaran (Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil),
Lombok: Holistica
Heruman. 2007. Model
Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suyono dan Hariyanto.
2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Badan pengembangan dan
pembinaan bahasa Kemendikbud. 2011. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar Jakarta:
Balai Pustaka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar