Belakangan ini
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) semakin menjadi trend untuk dilakukan oleh para
profesional sebagai upaya pemecahan masalah dan peningkatan mutu di berbagai
bidang. Awal mulanya, PTK, ditujukan untuk mencari solusi terhadap masalah
sosial (pengangguran, kenakalan remaja, dan lain-lain) yang berkembang di
masyarakat pada saat itu. PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian
terhadap masalah tersebut secara sistematis. Hal kajian ini kemudian dijadikan
dasar untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam proses pelaksanaan rencana yang
telah disusun, kemudian dilakukan suatu observasi dan evaluasi yang dipakai
sebagai masukan untuk melakukan refleksi atas apa yang terjadi pada tahap
pelaksanaan. Hasil dari proses refeksi ini kemudian melandasi upaya perbaikan
dan peryempurnaan rencana tindakan berikutnya. Tahapan-tahapan di atas
dilakukan berulang-ulang dan berkesinambungan sampai suatu kualitas
keberhasilan tertentu dapat tercapai.
Pengertian PTK Menurut
Suharsimi Arikunto (2004) : ada tiga kata yang membentuk pengertian PTK,
yaitu penelitian, tindakan, dan kelas. Penelitian adalah kegiatan mencermati
suatu obyek dengan menggunakan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data
atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal, serta menarik
minat dan penting bagi peneliti. Tindakan adalah kegiatan yang sengaja
dilakukan dengan tujuan tertentu. Sedangkan kelas adalah sekelompok siswa yang
dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru. Dalam hal
ini kelas bukan wujud ruangan tetapi diartikan sebagai sekelompok siswa yang
sedang belajar.
Pengertian PTK Menurut
Kasihani (1999) : PTK adalah penelitian praktis, bertujuan untuk
memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas dengan cara
melakukan tindakan-tindakan. Upaya tindakan untuk perbaikan dimaksudkan sebagai
pencarian jawab atas permasalahan yang dialami guru dalam melaksanakan tugasnya
sehari-hari. Jadi masalah-masalah yang diungkap dan dicarikan jalan keluar dalam
penelitian adalah masalah yang benar-benar ada dan dialami oleh guru.
Pengertian PTK Menurut
Suyanto (1997), secara singkat PTK dapat didefinisikan sebagai suatu
bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan
tertentu, untuk memperbaiki dan atau meningkatkan praktekpraktek pembelajaran
di kelas secara lebih profesional. Oleh karena itu PTK terkait erat dengan
persoalan praktek pembelajaran sehari-hari yang dialami guru.
Dalam PTK guru dapat
meneliti secara mandiri atau bersama dengan tenaga kependidikan yang lain
(secara kolaboratif) terhadap proses dan produk pembelajaran secara reflektif
di kelas. Dengan PTK, guru dapat memperbaiki praktek-praktek pembelajaran agar
lebih efektif. PTK juga dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan
praktek. Alasannya, setelah PTK guru akan memperoleh umpan balik yang
sistematik mengenai pembelajaran yang selama ini dilakukan apakah cocok dengan
teori belajar mengajar dan dapat diterapkan dengan baik di kelasnya. Melalui
PTK guru dapat mengadaptasi teori yang ada untuk kepentingan proses dan produk
pembelajaran agar lebih efektif dan optimal.
Pengertian PTK Menurut
Menurut Kunandar (2008:45), Penelitian tindakan kelas dapat didefinisikan
sebagai suatu penelitian tindakan (action research) yang dilakukan oleh guru
sekaligus sebagai peneliti di kelasnya atau bersamasama dengan orang lain
(kolaborasi) dengan jalan merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan
secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan untuk memperbaiki atau
meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelasnya melalui suatu tindakan
(treatment) tertentu dalam suatu siklus.
Referensi:
Sukayati, (2008), Penelitian Tindakan Kelas, PPPPTK Matematika.
Referensi:
Sukayati, (2008), Penelitian Tindakan Kelas, PPPPTK Matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar